Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan Alokasi Biaya Produksi ke Produk yang bersangkutan :

1. Pastikan sudah melakukan pencatatan pengeluaran terkait biaya produksi tersebut, yaitu misalnya Biaya Produksi seperti rincian digambar berikut ini, dilakukan pencatatan melalui formulir Pembayaran di menu Kas/Bank, sebesar Rp 700.000 dimana sebesar Rp 350.000 merupakan biaya terkait proses produksi yang berlangsung.Membuat Alokasi Biaya Produksi

Membuat Alokasi Biaya Produksi 2

2. Setelah pencatatan biaya dilakukan, maka selanjutnya melakukan alokasi biaya terkait produksi yang berlangsung yaitu melalui menu Manufaktur | Alokasi Biaya Produksi.

3. Isikan bulan dan tahun alokasi-nya serta tanggal dialokasikannya biaya tersebut.

Membuat Alokasi Biaya Produksi 34. Kemudian klik ‘Ambil’ dan pilih biaya produksi yang dimaksud (catatan : nilai biaya akan tampil jika digunakan dalam proses produksi di periode tanggal alokasi biaya produksi tersebut). Lalu klik ‘Lanjut’.

Membuat Alokasi Biaya Produksi 4

5. Isikan % Alokasi atas biaya tersebut yang dialokasikan ke proses produksi periode tersebut.

Membuat Alokasi Biaya Produksi 5

Membuat Alokasi Biaya Produksi 6

6. Selanjutnya klik tab ‘Rincian Perintah Kerja’, lalu pilih nomor Perintah kerja yang akan dialokasikan nilai biaya produksi tersebut, dan nilai biaya produksi akan dibagi secara proposional sesuai nilai Standar Biaya Produksi dari masing-masing WO.

Membuat Alokasi Biaya Produksi 7

7. Simpan transaksi dan jurnal yang terbentuk adalah sebagai berikut ini.

Membuat Alokasi Biaya Produksi 8

Accurate Online